Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan dengan UML

                 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan dan UML 

            1. UML Uses Diagram Perpustakaan 

USE CASE DIAGRAM Diagram Use Case adalah diagram yang menunjukkan fungsionalitas suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi dengan dunia luar dan menjelaskan sistem secara fungsional yang terlihat user. Biasanya dibuat pada awal pengembangan. Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke sistem, meng-create sebuah daftar belanja, dan sebagainya. Seorang/sebuah aktor adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan system untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.Use case diagram dapat sangat membantu bila kita sedang menyusun requirement sebuah sistem, mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan merancang test case untuk semua feature yang ada pada sistem.Pada contoh perpustakaan Seorang siswa untuk meminjam buku anggota harus mendaftar terlebih dahulu kepada petugas setelah mendaftar mahasiswa tersebut boleh membaca buku. Jika sudah menjadi anggota, siswa tersebut boleh meminjam buku kepada petugas perpustakaan dan mengembalikannya sesuai dengan ketentuan tersebut apabila anggota tersebut telat mengembalikan buku maka anggota dikenakan denda dan membayar denda tersebut kepada petugas.
\
  1.  ACTIVITY DIAGRAMDefinisi activity diagram yaitu teknik untuk mendiskrpsikan logika procedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus kerja personal (workflow) dan alur data (flowchart).Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Pada Digram diatas yaitu transaksi peminjaman buku 
  • Sipeminjam memberikan data buku yang akan dipinjam
  • Petugas menampilkan form peminjaman dan mencatat data buku yang akan di pinjam
  • Petugas menghitung biaya sewa
  • Peminjam membayar sewa buku 
  • Petugas mencatat ID anggota
  • Petugas memberikan buku dan kartu pinjam anggota


SQUENCE DIAGRAMSequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.Pada diagram ini, dimensi vertikal merepresentasikan waktu. Bagian paling atas dari diagram menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai dengan bagian dasar dari diagram. Garis Vertical, disebutlifeline, dilekatkan pada setiap obyek atau aktor. Kemudian lifeline tersebut digambarkan menjadi kotak ketika obyek melakukan suatu operasi , kotak tersebut disebut activation. Obyek dikatakan mempunyai live activation pada saat tersebut.Boundary Class:            Class yang berinteraksi dengan aktor langsung (user interface)            Form, input, UI ini masuk di siniControl Class:Class yang berhubungan dengan pemrosesan, penghitungan, kalkulasi,komputasi, query, dstEntity Class:Class yang berhubungan dengan data, penyimpanan data/file  CLASS DIAGRAMClass adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek danmerupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkankeadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasikeadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment , pewarisan, asosiasi,dan lain-lain.Class memiliki tiga area pokok :1. Nama (dan stereotype) 2. Atribut 3. Metoda Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut : Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya Public, dapat dipanggil oleh siapa saja Class dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yanghanya memiliki metoda.Interface tidak dapat langsung diinstansiasikan, tetapi harusdiimplementasikan dahulu menjadi sebuah class. Dengan demikian interface mendukung resolusimetoda pada saat run-time. Sesuai dengan perkembangan class model, class dapatdikelompokkan menjadi package. Kita juga dapat membuat diagram yang terdiri atas package.Contoh Class Diagram  DEPLOYMENT DIAGRAMDeployment Diagram adalah diagram yang menggambarkan detail bagaimana komponen di-sebar (di-deploy) kedalam infrastruktur sistem, dimana komponen akan terletak (pada mesin, node, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal.Contoh Program : PACKAGE DIAGRAMBagi yang pernah belajar jaringan komputer tentu tidak asing dengan istilah package. Package yang dalam bahasa Indonesianya berarti paket dalam dunia networking dimanfaatkan dalam komunikasi datanya dimana data tidak dikirimkan langsung dalam bentuk binernya melainkan dikelompokkan terlebih dahulu dalam paket-paket. Package diagram merupakan salah satu dari delapan/sembilan diagram UML. Atau saat kita download salah satu installer linux, yang kita download berupa package-package. Dalam literatur pemrograman dengan visual basic, saat akan mendeploy software yang baru kita buat kita diminta untuk mengambil package-package yang dibutuhkan. Sedangkan dalam bahasa Java dan C++, package selalu diimport saat kita menuliskan code programnya.Package merupakan kumpulan dari class. Penggambaran diagram Package mirip dengan simbol folder dalam Microsoft Windows. Kita ambil kasus pada sistem penjualan dan pembelian, maka kita dapat membuat dua package yaitu package penjualan dan package pembelian. Di dalam package penjualan kita bisa menggambarkan use case penjualan. Salah satu manfaat package adalah kemampuannya untuk digunakan pada component lainnya.Dalam menggunakan package sistem lain dikenal dua istilah yaitu:1. Import Package: Meminjam package lain yang bertipe public.2. Access Package: seperti import hanya saja tipe package berubah menjadi private.Import dilukiskan dengan garis putus-putus dengan panah menunjuk pada package induk (si pemilik kelas) dengan tulisan "import" dekat garis putus-putus tersebut. Sedangkan access dengan cara yang sama, hanya saja tulisan "import" diganti dengan "access".Contoh Package Diagram
USER INTERFACE/FORM DIAGRAMUser Interface Diagram disesuaikan UML diagram digunakan untuk visual mock-up user interface sistem menggunakan bentuk, kontrol dan label.









2. UML Class Diagram Perpustakaan 

CLASS DIAGRAM PERPUSTAKAAN

Uraian :
Class Diagram adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan struktur dari sebuah sistem,sistem tersebut akan menampilkan system kelas,atribut dan hubungan antara kelasketika suatu sistem telah selesai membuat diagram. Objek diagram adalah suatu diagram yang berfungsi untuk mengatur atribut, objek dan
hubungan antara contoh dalam diagram, objek diagram juga dapat menampilkan struktur model system
dalam waktu tertentu.
Diagram diatas merupakan diagram class untuk peminjaman buku di perpustakaan. Didalam diagram tersebut kita memiliki beberapa object diantaranya Mahasiswa, anggota, denda, transaksi, koleksi buku, petugas perpustakaan, koleksi buku, koleksi buku local dan koleksi buku asing.
Object Anggota diatas merupakan turunan dari object mahasiswa bila ingin meminjam sebuah buku haruslah mahasiswa tersebut terdaftar menjadi anggota yang harus memiliki atribut pendukung yaitu, id_anggota dan nama anggota dan memiliki suatu aksi yaitu insert untuk menambahkan jumlah anggota untuk perpustakaan tersebut dan juga di perbaharui datanya, dan juga di delete bila ia sudah lulus dari universitas tersebut.
Petugas perpustakaan dapat melakukan transaksi pencatatan peminjaman dan pengembalian buku yang dilakukan oleh anggota perpustakaan tersebut. Lalu, di dalam sebuah transaksi kemungkinan ada sebuah denda yang dapat diberikan bila pengembalian buku melewati batas maksimum. Selain itu juga transaksi buku juga dapat dilakukan oleh anggota untuk memilih buku yang ada dalam perpustakaan tersebut, yang terdiri dari 2 buah koleksi yaitu koleksi buku asing dan koleksi buku local.


3. UML Seguence Diagram Perpustakaan 


Definisi Sequence Diagram
Sequence diagram menjelaskan secara detil urutan proses yang dilakukan dalam sistem untuk mencapai tujuan dari use case: interaksi yang terjadi antar class, operasi apa saja yang terlibat, urutan antar operasi, dan informasi yang diperlukan oleh masing-masing operasi.
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari trigger terhadap aktivitas tersebut, proses dan perubahan yang terjadi secara internal, serta output yang dihasilkan.
 
Komponen-komponen Sequence Diagram
Beberapa komponen sequence diagram antara lain:
1.    Actor
Menggambarkan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem.
2.    Boundary
Mengambarkan interaksi antara satu atau lebih actor dengan sistem, memodelkan bagian darisistem yang bergantung pada pihak lain disekitarnya dan merupakan pembatas sistem dengan dunia luar.
3.    Control
Menggambarkan “perilaku mengatur”, mengkoordinasikan perilaku sistem dan dinamika dari suatu sistem, menangani tugas utama dan mengontrol alur kerja suatu sistem.
4.    Entity
Menggambarkan informasi yang harus disimpan oleh sistem (struktur data dari sebuah sistem).
5.    Object Message
Menggambarkan pesan/hubungan antar obyek yang menunjukkan urutan kejadian yang terjadi.
6.    Message to Self
Mengambarkan pesan/hubungan obyek itu sendiri, yang menunjukkan urutan kejadian yang terjadi.
7.    Return Message
Menggambarkan pesan/hubungan antar obyek, yang menunjukan urutan kejadian yang terjadi.
8.    Lifeline
Eksekusi obyek selama sequence (message dikirim atau diterima dan aktifasinya).
 
Contoh Sequence Diagram
Berikut beberapa contoh sequence diagram:
1.    Contoh sequence diagram pendaftaran anggota perpustakaan:


Pada diagram pendaftaran petugas dan daftar anggota sebagai objek, petugas memasukan data siswa pada taftar anggota, setelah itu disimpan data tersebut kedalam database daftar anggota kemudian sistem memberikan pesan kepada petugas bahwa pesan tersebut sudah berhasil disimpan.
2.    Contoh sequence diagram peminjaman buku di perpustakaan:


Untuk diagram peminjaman, petugas dan pinjam sebagai objek, ketika anggota mengembalikan buku maka petugas memasukan id buku dan id siswa pada pinjaman kemudian diproses querynya, setelah berhasil diproses maka maka sistem akan menampilkan data buku yang akan dipinjam oleh siswa tersebut, setelah itu petugas menyimpan data pinjaman pada database pinjaman,kemudian sistem akan memberi pesan kepada petugas bahwa data tersebut sudah berhasil disimpan.
3.    Contoh sequence diagram pengembalian buku ke perpustakaan:


Untuk diagram pengembalian, petugas dan form buku sebagai objek. Jika siswa mau mengembalikan buku maka petugas harus memasukan data buku yaitu id buku, setelah itu sistem akan memproses query dan menampilkan data siswa kepada petugas, kemudian petugas menginput tanggal dimana tanggal tersebut ketika siswa meminjam buku, dan system akan mengecek apakah siswa tersebut terlambat atau tidak-nya untuk mengembalikan buku, jika terlambat maka system akan menampilkan denda tersebut kepada petugas, pastinya siswa akan membayar denda tersebut dan petugas menyimpan pengembalian buku yang di pinjam siswa pada database bahwa siswa tersebut sudah mengembalikan buku, maka system akan menyampaikan pesan kepada petugas bahwa menyimpan pengembalian buku sudah berhasil.
Untuk diagram-diagram lainnya, saya akan menjelaskannya pada pertemuan selanjutnya. Semoga materi yang saya sampaikan pada kesempatan ini dapat bemanfaat..



4. UML Activity Diagram Perpustakaan 
 

Fungsi Activity Diagram

  • Menggambarkan  proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
  • Memperlihatkan urutan aktifitas proses pada sistem
  • Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram

Element - Element Pada Activity Diagram

Cara Membuat

Cara membuat activity diagram hampir sama dengan use case, dan kita akan memakai software yang sama yaitu Umlet. Pertama - tama kita buka umletnya lalu pilih UML Activity di kanan atas.
Screenshot_21
Lalu drag bagian kanan dan mulailah berkreasi!
Berikut adalah contoh activity diagram yang simple
Pada kasus diatas, pertama - tama pegawai menerima pesanan, lalu pegawai bisa langsung mengisi pesanan (fill order) dan mengirimkan tagihan (send invoice) saat pegawai mengisi pesanan, pelanggan bisa memilih prioritas pesanan. Jika iya maka akan masuk ke overnight delivery tetapi jika tidak akan masuk ke regular delivery.Setelah semua selesai maka pesanan akan ditutup dan pelanggan bisa menunggu pesanannya(Close Order). Decision digunakan untuk aktifitas conditional seperti ya atau tidak.

Contoh Activity Diagram Menggunakan Swim Lanes

jika kita menggunakan swim lines, activity diagram akan dibagi menjadi baris dan kolom sesuai dengan tanggung jawab objek - objek yang melakukan aktifitas.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIMBOL SIMBOL DIAGRAM ALUR

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN